Bahaya wi-fi gratisan

Beberapa tahun belakangan, internet seperti sudah menjadi kebutuhan setiap orang, baik untuk menunjang kelancaran pekerjaan atau sekadar berinteraksi dengan teman atau saudara yang bertempat tinggal jauh.

Salah satu cara untuk menunjang kebutuhan tersebut adalah dengan memasang jaringan internet atau Wi-Fi di tempat-tempat umum, seperti gedung perkantoran, kampus, kantin, rumah sakit, bahkan bandara. Karena di pasang di tempat umum, siapa pun bisa mengakses dan memanfaatkannya sesuai keperluan.

Tapi, tahukah kamu ada bahaya yang mengintai saat menggunakan wi-fi gratisan? Simak penjelasannya pada poin-poin berikut:

Bahaya Menggunakan Wi-Fi Gratis

1. Pencurian Data oleh Hacker

Pencurian data oleh hacker
via : www.pixebay.com

Hal pertama yang wajib kamu waspadai jika menggunakan jaringan wi-fi di tempat umum adalah pencurian data pribadi oleh hacker atau peretas. Data ini biasanya dipakai untuk melakukan tindak kejahatan.

Artikel lain: Tips Memilih Smartphone berdasarkan Kapasitas Baterai

Ingat, hacker selalu punya cara yang cerdas dan canggih untuk membobol informasi dari mereka yang menggunakan wi-fi gratis. Makin banyak penggunanya, makin banyak data yang mereka peroleh. Tidak hanya informasi pribadi, mereka juga sangat mungkin mencuri dokumen rahasia milikmu.

Untuk menghindarinya, usahakan tetap menggunakan akses internet pribadi kapan pun kamu memerlukannya.

2. Rentan Terkena Virus

Jika selama ini kamu berpikir virus tidak bisa ditularkan melalui akses wi-fi, artinya kamu keliru. Ingat, setiap kali kamu mengandalkan wifi gratis, maka kemungkinan terinfeksinya komputer atau smartphone-mu oleh virus akan makin tinggi.

Salah satu virus yang bisa dengan cepat menyebar melalui jaringan wi-fi adalah virus Chameleon. Selain merusak perangkat komputer yang ditempelinya, virus berbahaya ini juga secara otomatis akan mengumpulkan data dan informasi yang tersimpan dalam gawai tersebut.

3. Banyak Iklan

Keluhan lain yang akan kamu jumpai jika terlalu sering mengakses wi-fi gratis adalah iklan atau ad yang muncul secara berulang di layar gadget. Selain mengganggu kenyamanan dalam berinternet, tak jarang iklan pop-up yang ditampilkan mengandung malicious software atau software berbahaya yang bisa merusak sistem operasi perangkat elektronik yang kamu pakai.

Memang sih kamu bisa mengakali kejadian ini dengan menginstal aplikasi pemblokir iklan, tapi akan lebih baik jika kamu mencegahnya dengan tidak menggunakan internet publik, kecuali saat sedang dalam kondisi kepepet dan benar-benar diperlukan.

4. Snooper

snooper
via : www.pixebay.com

Berbeda dengan hacker yang tugasnya mencuri data dan informasi pengguna, snooper alias mata-mata bisa dengan leluasa mengintip browser atau laman internet mana saja yang sedang dan telah kamu kunjungi.

Lebih berbahaya lagi kalau snooper ini mengetahui password yang kamu punya lalu menyalahgunakannya untuk hal-hal yang kurang baik. Bahaya sekali, kan? Untuk itu, sebisa mungkin hindari menggunakan jaringan internet atau wi-fi dari tempat umum.

Jika terpaksa, solusi yang bisa kamu lakukan untuk meminimalisasi kejadian dimata-matai snooper adalah dengan memasang mode incognito saat sedang berselancar di dunia maya dengan wi-fi gratisan.

5. Pencurian Data Nasabah

pencurian data nasabah
via : www.pexels.com

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, salah satu bahaya dari menggunakan wi-fi gratis di tempat umum adalah riskannya pencurian data pengguna, termasuk informasi akun bank, seperti transaksi, kata sandi, juga kartu kredit.

Peretas bisa saja mendapatkan informasi seperti ini dari histori jelajah yang terekam pada perangkat kerja mereka. Kamu tentu tidak mau kan saldo di bank yang sudah dikumpulkan susah payah bertahun-tahun lenyap seketika hanya karena kecerobohanmu menggunakan akses internet umum?

6. Situs Palsu

Saat mengakses internet lewat jaringan publik, pengguna sering kali diarahkan secara otomatis ke berbagai situs menarik, tapi sebetulnya menjebak. Selain merupakan virus, situs ini juga secara tidak sadar akan mencuri informasi pribadi dan bahkan merusak perangkat yang kamu pakai.

Jadi, wi-fi gratis memang tidak disarankan untuk mengakses website atau laman yang sifatnya pribadi, mulai dari media sosial, e-mail, akun bank, dan sebagainya.

7. Wi-Fi Jebakan

Selain situs abal-abal, hacker juga bisa saja membuka jaringan wi-fi palsu yang dipakai untuk merekam semua info dan data pribadi siapa saja yang mengakses internet lewat jaringan palsu tersebut.

Salah satu ciri dari wi-fi jebakan seperti ini adalah tidak tersedianya enkripsi SSL. Meskipun terlihat aman-aman saja, hal ini bisa menjadi celah bagi hacker untuk membobol semua data pribadimu.

Baca juga: Cara Mematikan Fitur Auto-Update Aplikasi Pada Google Play Store

Solusinya, waspadalah pada akses internet atau wi-fi gratis yang tidak memintamu memasukkan username dan password saat akan mengaksesnya. Kedua, selalu gunakan laman web dengan format https.

8. Pembajakan Akun Media Sosial

Buat kamu yang hobi memanfaatkan wi-fi gratis untuk mengakses Facebook, Twitter, dan semacamnya, mulai sekarang berhati-hatilah sebab semua data pribadimu sangat rawan dibajak dan bukan tidak mungkin disalahgunakan oleh si hacker.

Nah, itu dia 8 bahaya menggunakan wi-fi gratis yang perlu kamu tahu. Jadi daripada semua data dan privasimu terancam, lebih baik gunakan jaringan internet pribadi saat berselancar di dunia maya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here