image via: www.heresthethingblog.com

Kesal karena diganggu oleh orang tak dikenal via telepon dan SMS? Kalau sekali dua kali sih oke-oke saja ya, tapi bagaimana kalau si pengganggu terus melakukan aksinya setiap hari, bahkan setiap jam? Tentu saja kita merasa tidak nyaman, terutama kalau pesan dan telepon yang diterima berisi ancaman.

Jika akhir-akhir ini kamu mengalami hal yang sama, jangan terburu-buru ganti nomor telepon. Selain repot karena kamu harus menghubungi teman-teman soal nomor barumu, bisa saja kamu kehilangan akses penting ke banyak pihak atau kolega yang hanya menyimpan nomor lamamu.

Artikel lain: 12 Cara Mudah Mendapatkan WiFi Gratis yang Belum Banyak Diketahui

Lalu, adakah solusi lain yang bisa membuat si pelaku berhenti mengganggu tanpa perlu mengganti nomor telepon? Nah, berikut ada ulasan mengenai cara memblokir nomor HP dari ponsel android agar pengganggu tak lagi bisa mengirim SMS atau menelepon.

Memblokir Nomor HP pada Android Secara Manual

  1. Langkah pertama, klik menu Kontak/Phone Book pada layar gawaimu, lalu pilih kontak yang akan kamu blokir
  2. Pada tombol navigasi yang terletak di sebelah kiri, klik menu Option
  3. Pilih Block Incoming Calls dengan membubuhkan tanda centang di bagian dialog box
  4. Proses selesai dan nomor terblokir tidak akan bisa meneleponmu lagi. Gampang, kan?

Beberapa ponsel android biasanya memiliki cara yang berbeda untuk memblokir panggilan masuk, seperti pada Samsung dan LG yang terangkum dalam poin-poin berikut:

cara memblokir no handphone android

  1. Buka menu Log Panggilan/Call
  2. Pada bagian kanan atas pilih more akan muncul 4 opsi, yaitu Delete, Filter by, Call Duration, serta Settings, nah kamu harus mengklik Settings
  3. Selanjutnya pilih block numbers
  4. Nanti akan muncul tampilan block numbers, kalian harus memasukan nomer hp pada kolom Enter phone number
  5. Pada bagian ini, kamu bisa memasukkan nomor telepon yang ingin kamu blokir, baik secara manual maupun memilihnya dari buku telepon
  6. Selesai dan kamu tidak perlu lagi merasa terganggu oleh panggilan yang tak jelas

Catatan:

Setiap ponsel android biasanya punya cara yang berbeda, tergantung merek dan tipenya. Penjelasan di atas hanya referensi saja.

Memblokir Nomor HP pada Android dengan Aplikasi

Selain cara manual seperti yang dijelaskan di atas, ada cara lain yang lebih praktis untuk memblokir kontak dari android kesayanganmu, yaitu dengan memanfaatkan aplikasi yang bisa diperoleh gratis dari Google Playstore, seperti Calls Blacklist – Calls Blocker.

Calls Blacklist – Call Blocker

Calls Blacklist
Calls Blacklist
Developer: Vlad Lee
Price: Free+
  • Calls Blacklist Screenshot
  • Calls Blacklist Screenshot
  • Calls Blacklist Screenshot
  • Calls Blacklist Screenshot
  • Calls Blacklist Screenshot
  • Calls Blacklist Screenshot

Aplikasi canggih pertama yang bisa kamu pakai untuk memblokir nomor telepon orang-orang jahil adalah Calls Blacklist – Calls Blocker. Selain punya tampilan yang ringkas, aplikasi buatan Vlad Lee ini juga memiliki fitur mendasar untuk memblokir telepon atau pesan masuk (SMS) dari nomor-nomor tak dikenal.

Cara Kerja Calls Blacklist – Call Blocker

Bagaimana sih cara kerja Calls Blacklist – Calls Blocker? Saat menginstal aplikasi ini, kamu hanya perlu memasukkan nomor telepon yang ingin diblokir ke kotak blacklist. Jika setelah diblokir nomor tersebut masih menghubungimu, panggilannya akan dialihkan secara otomatis dan si penelepon akan menerima informasi bahwa nomormu sedang sibuk (busy).

Beda halnya dengan SMS. Pesan yang mereka kirim akan secara otomatis ter-spam dan kamu akan mendapat pemberitahuan bahwa ada pesan masuk di Calls Blacklist – Calls Blocker.

Nah, daripada penasaran, berikut ada tutorial menginstal aplikasi Calls Blacklist – Calls Blocker untuk memblokir nomor telepon yang tak diinginkan.

  • Unduh aplikasi Calls Blacklist – Calls Blocker di Google Playstore. Jangan khawatir, aplikasi ini bisa dinikmati secara gratis
  • Setelah terinstal dengan sukses, buka aplikasinya dan kamu akan menemukan tampilan aplikasi yang desainnya cukup sederhana dan user-friendly
  • Ada 3 opsi di situ:

Blacklist: Berisi nomor-nomor yang sudah terblokir

Log: Daftar panggilan dan pesan masuk yang sudah diblokir oleh sistem

Setting: Fitur untuk mengatur, memblokir nomor pribadi, menampilkan notifikasi setiap ada panggilan, dan sebagainya

  • Masuk ke Bagian Blacklist

Jika sudah punya daftar nomor telepon yang akan diblokir, masuklah ke Blacklist, lalu klik tombol Add. Saat melakukan penambahan nomor untuk diblokir, kamu bisa memilihnya dari buku telepon, log panggilan, pesan masuk, atau bahkan mengetiknya secara manual.

  • Selesai dan selamat tinggal pengganggu!

Baca juga: Beginilah 3 Cara Memblokir Iklan di Perangkat Android Tanpa Harus Root

Jika Ingin Memblokir Semua Nomor

Perasaan jenuh bisa menghampiri siapa saja dan kapan saja. Salah satu cara meredakannya adalah dengan membatasi interaksi dengan orang luar. Daripada bingung, blokir sementara saja semua kontak di ponsel androidmu.

Caranya, masuk ke Setting, lalu pilihan Blocking kemudian centang All Calls dan Enable Backlist SMS. Namun, kamu harus berhati-hati ketika memberikan centang pada aplikasi ini, sebab salah-salah semua panggilan malah terblokir, termasuk panggilan masuk yang sifatnya penting.

cara memblokir iklan dengan aplikasi backlist calls backlist

Itu dia cara memblokir nomor HP dari android agar tidak terus jahil menelepon dan mengirimi pesan tak penting. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here