memperbarui mengedit atau menghapus status whatsapp

WhatsApp memperbarui lagi dirinya dengan cara merilis pembaharuan keren yang sepertinya menjadi penanda bahwa aplikasi pesan populer tersebut bakal beranjak dari statusnya sebagai pengirim dan penerima pesan tertulis, menjadi satu yang bergantung pada foto dan video pendek. “Status update” merupakan sebuah nama yang diberikan oleh Whatsapp untuk fitur tersebut. Cara kerjanya kurang lebih mirip dengan yang ditawarkan oleh rival Whatsapp, yakni Snapchat.

Pengguna WhatsApp dengan mudah menemukan pembaharuan aplikasi lewat sebuah tab baru bertuliskan “status”, yang terletak menu WhatsApp di bagian atas. Fungsionalitasnya tidak terbatas pada itu saja, melainkan juga tombol kamera di tengah-tengah kerumunan, yang bisa digunakan untuk memperbarui status, atau kontak, atau grup.

Artikel lain: 3 Aplikasi Penambah RAM agar Android Semakin Cepat

Walau mungkin beberapa orang tidak merasa nyaman dengan fitur terbaru itu, namun WhatsApp memberikan perubahan yang cukup menarik, sebab simplisitas yang dulu pernah ada kini menghilang.

Akan tetapi bagi Anda yang tertarik dengan fitur terbaru itu, ada beberapa hal yang harus diketahui tentang fitur WhatsApp Status. Berikut cara memperbarui, mengedit, atau menghapus status WhatsApp terbaru.

Apa yang terjadi dengan status WhatsApp lama saya?

Bila yang kamu maksudkan adalah teks “Hi there, I’m using WhatsApp?”, maka fitur ini sudah hilang. Jadi kamu perlu meninggalkan masa lalu di belakang. Beberapa pengguna WhatsApp mengatakan bahwa teks status lama masih terlihat, meski sekarang sudah tidak lagi. Cobalah untuk me-restart aplikasi WhatsApp bila kamu masih melihat status lama. Mudah bukan?

Beberapa rumor yang beredar di internet bilang bahwa fitur status lama tersebut akan hadir kembali dengan nama baru, yakni WhatsApp ‘taglines’. Namun kamu bisa menyimpan rumor tersebut di kemudian hari.

Bila kamu bingung dengan cara kerja status WhatsApp yang baru, langkah-langkah yang bakal dirinci di bawah ini akan membantu.

Bagaimana mempersiapkan sebuah foto atau video untuk status WhatsApp saya?

Ada beberapa cara berbeda untuk mempersiapkan status WhatsApp. Yang harus dilakukan sebetulnya sangat mudah, dan tidak diperlukan trik khusus untuk melakukannya. Beginilah caranya:

  1. Buka aplikasi WhatsApp
  2. Tap pada Status
  3. Tap pada My Status. Bila kamu sudah mempersiapkan status, tap pada bagian lingkaran kecil bertanda + di bagian kanan atas aplikasi.
  4. Ambil sebuah foto dengan menekan tombol shutter, atau tahan tombol tersebut guna memproduksi sebuah video. Atau, kamu bisa memilih salah satu foto atau video yang tersimpan di dalam penyimpanan eksternal/internal ponsel.
  5. Tambahkan sebuah caption jika memang kamu memang mau menambahkannya. Kemudian tap ikon Send di bagian kanan. Violaa…status sudah tercipta!
  6. Kamu bisa melakukan tap pada status yang baru saja dibuat, atau menekan tombol menu di bagian kanan untuk memeriksa berapa banyak orang yang mengintip pembaharuan statusmu. Statusmu juga bisa di-forward ke pengguna lain. Tap pada bagian ikon mata untuk melihat nama-nama orang di kontak WhatsApp kamu.
  7. Yang perlu diingat: status WhatsApp akan menghilang dalam waktu 24 jam

mempersiapkan sebuah foto atau video untuk status WhatsApp

Ada metode lain yang bisa diterapkan guna menulis status WhatsApp:

  1. Buka aplikasi WhatsApp
  2. Tap ikon kamera di bagian kiri
  3. Ambil sebuah foto atau video, atau pilih satu dari galeri kamera kamu
  4. Tambahkan caption jika ingin. Kemudian tap pada bagian green tick untuk menyelesaikannya.
  5. Kemudian kamu bisa mengirimkan statusmu ke orang tertentu di kontak kamu, atau memilih My Status untuk memperbarui status kamu. Bila ini yang dipilih, maka tap ikon Send di bagian kanan.
  6. Sekarang kamu bisa memeriksa status terbaru di tab Status.

Sekarang kamu tahu bahwa fitur Status Update pada WhatsApp sangat mudah untuk dioperasikan. Meski begitu, mungkin kamu merasa bahwa pembaharuan status yang sedang kamu lakukan tidak seperti yang kamu inginkan. Nah, lalu kamu ingin menghapus status terbaru yang baru saja dibuat. Lalu bagaimana caranya? Mudah saja.

Bagaimana menghapus status WhatsApp terbaru?

Status WhatsApp pada dasarnya bisa dihapus dengan mudah. Tidak seperti versi sebelumnya di mana pengguna tidak bisa menghapus status (membiarkannya kosong), WhatsApp terbaru mengizinkan kamu untuk menghapus status yang sudah dibuat sebelumnya. Nah, begini caranya menghapus status WhatsApp yang sudah dibuat:

  1. Buka aplikasi WhatsApp
  2. Arahkan menu ke tab Status, sortir ke bawah untuk menemukan status yang ingin dihapus.
  3. Tap pada bagian ikon mata yang menunjukkan seberapa banyak orang yang sudah melihat status kamu.
  4. Menu ini akan menunjukkan daftar orang yang melihat statusmu.
  5. Tap ikon trash, kemudian tap pada bagian Delete untuk mengkonfirmasi penghapusan.

Bagaimana menghapus status WhatsApp terbaru

Kamu bisa memperbarui status lebih dari sekali, di mana kumpulan pembaharuan akan direnteng di atas layar WhatsApp. Hanya saja WhatsApp belum memberikan cara praktis untuk menghapus semua status WhatsApp yang sudah dibuat. Hanya satu status yang bisa dihapus pada satu waktu. Jadi sebaiknya kamu jangan terlalu sering membuat kesalahan ketika memperbarui status – atau kamu akan kerepotan menghapusnya satu persatu.

Ada kalanya kamu tidak ingin statusmu dilihat oleh orang-orang tertentu yang ada di kontak WhatsApp mu. Nah, bagaimana caranya supaya mereka tidak melihat statusmu? Mudah saja. Kamu hanya perlu mengubah beberapa macam settingan privacy.

Bagaimana mengubah settingan privasi untuk Status WhatsApp?

Kamu bisa melakukannya hanya untuk kontak tertentu di WhatsAppmu. Kamu bisa menerapkannya untuk satu orang, atau membuat daftar pendek orang-orang yang tidak kamu izinkan untuk melihat statusmu. Sebaliknya, kamu juga bisa mensetting statusmu supaya bisa dilihat semua kontak di dalam WhatsApp mu.

Begini caranya mengubah setting privasi status WhatsApp kamu:

  1. Sekali lagi bukalah aplikasi WhatsApp yang sudah ada di ponsel.
  2. Arahkan menu ke Status dan tap pada ikon menu Three dots di bagian kanan atas, dan tap pada bagian Status Privacy.
  3. Bila cara di atas terkesan merepotkan, kamu bisa melakukan tap pada bagian menu yang terletak di layar utama chat dan bukalah Settings > Account > Privacy > Status.
  4. Ada tiga opsi yang tersedia di menu tersebut. Pertama adalah My Contacts, di mana semua kontak kamu tidak akan bisa melihat status. Yang kedua adalah My Contacts except, Yang membantu kamu memilih kontak tertentu untuk disingkirkan. Yang ketiga adalah Only share with.., yang membantu kamu untuk memilih kepada siapa kamu berbagi status WhatsApp.

Meski terkesan kompleks, namun pembaharuan status WhatsApp bisa dilakukan dengan mudah. Dan sampai di sini kita sudah selesai membahas segala hal yang perlu diketahui tentang pembaharuan status WhatsApp.

Baca juga: 7 Fungsi WiFi Smartphone yang Jarang Disadari Orang

Beberapa orang mungkin beranggapan bahwa WhatsApp kini tidak sesederhana dulu, di mana penggunanya hanya bisa bertukar pesan dan tidak lebih dari itu. Tetapi toh tidak ada salahnya kamu menggunakan fitur terbaru tersebut untuk bersenang-senang atau menghabiskan waktu. Berani mencobanya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here