cara mempercepat android

Seiring dengan berjalannya waktu, smartphone Android yang kita gunakan sehari-hari dapat mengalami penurunan performa dan kinerja. Semakin lama digunakan, semakin lambat kinerjanya dan semakin boros pula pemakaian baterainya.

Adapun hal yang menyebabkan penurunan kualitas ini adalah kurangnya perawatan dan manajemen selama pemakaian. Mungkin saat ini smartphone Anda memiliki banyak sekali aplikasi atau Anda tidak cukup memperhatikan penggunaan baterainya.

Faktor lain adalah fisik dari gadget yang sudah tidak mampu mengoperasikan software-software terbaru. Untuk kasus ini, cara tercepat untuk mengatasinya adalah dengan melakukan root. Namun demikian, root juga dapat berakibat buruk pada smartphone karena dengan dibukanya root, sistem proteksi akan dihilangkan dan smartphone menjadi lebih sering mengalami error dan rentan terhadap serangan dari luar.

untuk mengatasi hal tersebut, berikut beberapa cara ampuh untuk mempercepat hp android dengan mudah tanpa melakukan root.

Cara Mempercepat Kinerja Hp Android Yang Lemot

1. Ketahui kemampuan smartphone Anda

Sangat penting untuk mempelajari kemampuan dan kekurangan dari sebuah smartphone. Dengan begitu, Anda bisa menanganinya dengan tepat dan dapat memilah-milah aplikasi mana saja yang sesuai dengan kapasitasnya.

Jangan pernah memaksa memasang aplikasi yang menghabiskan banyak RAM. Jika Anda terus memaksakan, komponen di dalam dan baterai smartphone bisa cepat rusak atau berumur pendek.

Artikel lain: 10 Cara Merawat Baterai Smartphone Non-Removable Agar Awet

Selain itu, dengan mengetahui kemampuan smartphone, Anda bisa menentukan kapasitas maksimum memory card dan bisa menentukan aksesori smartphone apa saja yang bisa digunakan dengan lancar.

2. Lakukan pembaruan pada Android Anda

Firmware smartphone Android mendapatkan pembaruan hampir setiap tahun. Pembaruan ini dapat meningkatkan kinerja sistem operasi Android dan juga meningkatkan stabilitas dan kecepatannya.

Untuk itu itu, lakukan pembaruan firmware sampai ke tingkat yang bisa dilakukan oleh smartphone Anda. Caranya adalah dengan masuk ke pengaturan (Setting) kemudian pilih About Phone lalu klik System Updates. Kemudian, lakukan pembaruan sampai maksimal, dengan begitu Anda dapat  menikmati firmware terbaru yang lebih efisien dan lancar.

3. Buang Aplikasi yang tidak penting

Pilih hanya aplikasi yang benar-benar Anda butuhkan, karena setiap aplikasi akan menggunakan media penyimpanan dan menjalankan proses di background smartphone Anda. Semakin banyak aplikasi yang berjalan di background, tentu semakin lambat pula kinerjanya. Segera hapus aplikasi-aplikasi tidak penting agar smartphone Anda terasa lebih lega dan bisa bekerja lebih cepat.

4. Lakukan pembaruan aplikasi secara berkala

Setiap developer aplikasi melakukan perbaikan secara berkala agar aplikasi tersebut menjadi lebih cepat, efisien dan nyaman digunakan. Selain itu, dengan menghilangkan bug yang muncul di aplikasi tersebut, smartphone Anda bisa lebih aman dari crash dan aplikasi yang ada juga bisa berjalan lebih efektif.

5. Gunakan High-Speed Memory Card

Media penyimpanan bawaan pada smartphone dibuat untuk menyimpan aplikasi secukupnya. Namun, untuk beberapa merek smartphone, media penyimpanan bawaannya terlalu sedikit. Untuk itu Anda membutuhkan memory card eksternal untuk meningkatkan kemampuan penyimpanannya.

Tidak hanya sekadar meningkatkan kapasitas penyimpanan, memory card juga dapat meningkatkan kecepatan performa smartphone Anda. Gunakan memory card berkecepatan tinggi dan berkapasitas besar untuk kinerja yang lebih baik.

Setiap memory card memiliki tingkat kecepatan yang berbeda-beda dan dibedakan dengan istilah “Class”. Untuk meningkatkan kinerja smartphone Anda secara signifikan, disarankan untuk memilih “Class 6” atau “Class 10”.

6. Gunakan widgets seperlunya

Widget berbeda dengan Aplikasi, jika aplikasi hanya berjalan saat Anda mengaktifkannya, maka widget selalu aktif setiap saat. Meskipun ada beberapa widget yang mungkin penting bagi Anda, seperti kalender, cuaca atau lainnya, tetapi akan lebih baik jika Anda tidak berlebihan dalam memasang widget karena akan memengaruhi performa smartphone Anda, yaitu menjadi lebih lambat.

7. Gunakan aplikasi untuk mengelola smartphone

Ada berbagai aplikasi yang bisa di download untuk mengelola smartphone agar proses yang bekerja tanpa sepengetahuan Anda bisa dihentikan. Dengan begitu, smartphone akan bekerja lebih efektif dan sesuai dengan apa yang Anda butuhkan.

Baca Juga: Cara Memblokir Nomor HP di Android Secara Manual dan Lewat Aplikasi

Beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk menghentikan proses dan mengelola smartphone adalah, Clean Master, Advanced Task Killer, Smart Booster, dan masih banyak lagi. Dengan aplikasi-aplikasi ini, Anda juga bisa mengatur jadwal perbaruan menjadi saat Anda tidur, dengan begitu smartphone Anda tidak akan terbebani saat digunakan di jam-jam produktif.

Dengan menggunakan 7 cara mempercepat hp Android tanpa root di atas, Anda dapat meningkatkan kinerja dan performa smartphone Anda. Selain cara-cara tersebut, Anda juga bisa membuat kerja hp Anda menjadi lebih lancar dengan melakukan beberapa metode, seperti mematikan animasi yang ada di beberapa program, menggunakan aplikasi seperlunya, atau membuang data-data yang tidak berguna secara berkala.

Semoga dengan tips dan trik diatas, Anda bisa menggunakan smartphone secara lebih efektif, efisien dan lebih cepat. Selamat Mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here