tips membeli hp second

Ada beberapa hal yang tidak Anda ketahui sebelum membeli smartphone bekas. Untuk mengatasinya, kami akan memberikan beberapa hal yang perlu Anda ingat ketika membeli smartphone bekas.

Saat ini banyak orang yang lebih memilih membeli smartphone second, karena harga yang lebih bersahabat dengan kantong. Namun sayangnya ada beberapa hal yang tidak Anda tahu ketika membeli smartphone bekas. Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa dengan membeli smartphone bekas atau second bisa menghemat uang Anda lebih banyak, tapi Anda juga bisa dikenakan biaya lebih apa bila tidak mengecek beberapa hal penting berikut ini sebelum membelinya.

Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli Smartphone Bekas

#1 Tempat Membeli

Hal yang Perlu Diketahui sebelum membeli smartphone bekas 2

Jika ada lebih memilih situs online untuk membeli smartphone bekas maka Anda harus mempertimbangkan situs jual-beli yang terpercaya. Sebisa mungkin jangan membeli perangkat apapun tanpa memeriksanya terlebih dahulu, oleh karena itu Anda bisa mengajak penjual untuk bertemu bila lokasi anda dekat atau masih satu daerah kan lumayan bisa ngajak kenalan hehe.

Perlu diperhatikan karena ini barang second maka anda harus lebih teliti. Untuk itu ada beberapa situs terpercaya yang dapat ada gunakan untuk membeli smartphone bekas misalnya olx, tokopedia, bukalapak dan forum jual beli seperti Kaskus.

Artikel lain: Cara Memblokir Nomor HP di Android Secara Manual dan Lewat Aplikasi

#2 Jangan beli perangkat yang terlalu TuaHal yang Perlu Diketahui sebelum membeli smartphone bekas 3

Sebelum membeli smartphone bekas anda perlu memperhatikan usia perangkat. Smartphone yang sudah berumur tiga sampai lima tahun itu kurang bagus karena beberapa alasan

Perangkat tersebut sudah tidak dapat digunakan untuk saat ini, apalagi smartphone dulu rata-rata belum mendukung jaringan 4G. Jika sebuah gadget sudah terlalu tua kemungkinan besar kapasitas penyimpanan sudah banyak terpakai, selain itu ada resiko bahwa smartphone yang telalu tua memiliki pembaruan perangkat lunak yang menumpuk sehingga berakibat pada kinerja smartphone yang lebih lambat.

OS yang terlalu jadul membuat Anda tidak dapat memperbarui ataupun memangsang aplikasi versi terbaru, sebab saat ini banyak aplikasi yang hanya mendukung perangkat dengan OS terbaru seperti OS android lollipop, Marsmallow dan Nougat.

Hal ini berarti bila Anda membeli smartphone yang terlalu tua Anda tidak dapat memaksimalkan kinerja smartphone akibat perangkat Anda yang terlalu jadul.

#3 Pastikan Smartphone tidak dalam keadaan terkunci

Hal yang Perlu Diketahui sebelum membeli smartphone bekas 3

Ketika anda akan membeli smartphone second seperti android biasanya sistem keamanan dari pemiliki sebelumnya masih ada. Oleh karena itu anda harus menverifikasi ulang dengan akun google anda. bila sudah terlanjur, maka coba hubungi pemilik sebelumnya untuk menanyakan passwordnya.

Bila anda ingin melakukan factory reset maka password dari pengguna lama inilah yang perlu anda gunakan. Jika anda memaksa untuk di-reset tanpa password pengguna lama, maka smartphone tidak akan dapat digunakan sebelum anda menverifikasi ulang akun google.

#4 Pastikan Bukan Barang Curian

Hal yang Perlu Diketahui sebelum membeli smartphone bekas 4

Tidak dapat dipungkiri lagi membeli smartphone bekas terkadang mempunyai resiko, ada kemungkinan bahwa gadget yang akan Anda beli adalah hasil curian. Oleh sebab itu bila anda menemukan pembeli menawarkan gadget dengan harga yang tidak semestinya. Hal tersebut patut Anda curigai.

Terkadang ketika anda membelinya secara online pembeli tersebut sudah pasti tidak akan mencantumkan spesfikasi smartphone tersebut secara detail. Untuk itu demi menjaga Anda dari penjual smartphone yang abal-abal, Belilah dari tempat yang terpercaya dan apabila ingin membeli secara online cari situs yang sudah terbukti kreadibilitasnya.

Untuk mencegah hal tersebut anda bisa mengecek IMEI, ESN atau MEID dari smartphone dan Anda juga dapat memerikanya melalui website bila nomor IMEI tersebut berasal dari hasil curian atau tidak.

#5 Cek IMEI

Hal yang Perlu Diketahui sebelum membeli smartphone bekas 5

Nah, Untuk mengecek apakah smartphone asli atau palsu Anda bisa melihat nomor IMEI dengan mengetik *#06# dan akan menunjukan nomor unik yang diberikan untuk setiap ponsel. Selain itu apabila penjual mengikut sertakan dus box smartphone pada penjual tersebut Anda juga dapat melihat stiker kode IMEI pada bagian luar dus box. Anda juga dapat mengecek dengan menyamakan nomor IMEI pada ponsel dengan nomor IMEI dus box, bila sama bisa dipastikan smartphone tersebut asli.

#6 Periksa Penampilan Fisik Ponsel

Hal yang Perlu Diketahui sebelum membeli smartphone bekas 6

Tampilan fisik tentu hal yang patut Anda periksa, pastikan bodi smartphone masih terlihat mulus dan sesuai dengan deskripsi penjual. Namun jika ponsel tersebut tidak sesuai harapan dan terdapat lecet dan bekas goresan yang terlalu banyak di layar smartphone maka Anda harus mempertimbangkan ulang untuk membeli smartphone tersebut.

Selain tampilan fisik anda juga harus mengecek fungsi kamera apakah masih normal, cek konektivitas jaringan seluler, Wifi, Bluetooth dan GPS masih berfungsi, Lalu periksa responsivitas layar, untuk mengetahui apakah layar sentuh masih berjalan dengan lancar, bisa dengan mengetikan pesan.

#7 Periksa Baterai

Hal yang Perlu Diketahui sebelum membeli smartphone bekas 7

Hal ini juga patut diperiksa, sebagian besar pengguna yang lebih suka membeli smartphone second melompati poin penting ini. Baterai dapat memberikan pandangan tentang bagaimana kondisi smartphone.

Periksa apakah smartphone yang akan Anda beli memiliki baterai yang mengelembung atau dalam keadaan yang tidak normal. Baterai yang mengelembung dapat mengindikasikan bahwa smartphone tersebut sering digunakan secara berlebih atau terlalu lama di charger

#8 Harga

Hal yang Perlu Diketahui sebelum membeli smartphone bekas 8

Nah, Harga mungkin menjadi alasan utama mengapa anda mencari smartphone bekas. Namun patut di waspadai bahwa harga yang murah tidak dapat menjamin kualitas barang tersebut. Bila Anda berpikir jka smartphone bekas di jual dengan harga rendah itu berkualitas, Anda patut curiga.

Sebab bisa jadi smartphone tersebut hasil curian atau bahkan ada beberapa komponen yang rusak dan bisa juga penjual tidak jujur memaparkan deskripsi secara mendetail. Oleh karena itu embel-embel harga murah belum pasti menjadi patokan smartphone tersebut berkualitas. Namun apabila penjual memasang harga yang terlalu tinggi patut Anda pertimbangkannya semula.

Maka dari itu anda bisa mengecek harga di situs jual beli dari sana anda bisa mendapat pandangan berapa kisaran harga smartphone bekas yang Anda inginkan.

#9 Periksa Fungsi Perangkat Keras (Samsung)

Hal yang Perlu Diketahui sebelum membeli smartphone bekas 9

Untuk pengguna smartphone Samsung anda dapat mengeceknya dengan ketik *#0*# untuk memeriksa semua fungsi perangkat keras dengan mudah. Dengan menggunakan ini Anda akan ditunjukan oleh tampilan layar yang meliputi Receiver, Vibration, Sensor, Speaker dan banyak lagi.

#10 Garansi

Hal yang Perlu Diketahui sebelum membeli smartphone bekas 10

Tips beli smartphone second berikutnya adalah cari barang yang masih bergaransi, untuk yang satu ini cobalah anda cari yang garansinya masih cukup lama atau baru di pakai beberapa bulan. Jangan cari ponsel yang sudah berumur 2-3 tahun, kalau bisa coba cari smartphone yang baru habis garansinya biasanya kualitasnya masih bagus dibandingkan yang sudah berumur cukup lama.

Baca juga: 10 Cara Merawat Baterai Smartphone Non-Removable Agar Awet

Inilah 10 hal  yang perlu diketahui sebelum membeli smartphone bekas. Membeli smartphone bekas bisa dibilang untung-utungan, Namun bila anda cermat dan tidak tergiur atas harga yang murah pastilah anda kan memiliki smartphone yang berkualitas walaupun tidak harus membeli yang baru. Semoga Anda menyukai panduan ini, bila ada pertanyaan terkait hal ini silahkan tinggal komentar dibawah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here