aplikasi penambah ram android

Aplikasi penambah RAM android akan sangat dibutuhkan oleh para pemilik smartphone yang kekurangan sumber daya internal untuk membuat hapenya berjalan normal seperti biasa.

Kamu mungkin memiliki sebuah smartphone yang umurnya sudah cukup tua. Tiba-tiba satu hari hape mu berjalan sangat lambat. Memang ada banyak hal yang bisa menjelaskan mengapa sebuah smartphone tiba-tiba menjadi sangat lambat, akan tetapi mungkin masalah utamanya ada pada RAM.

Pendek kata, bila jumlah RAM di dalam smartphone tidak memadai, maka hape kamu tidak akan berjalan seperti biasanya. Adakah cara untuk menyelesaikan masalah semacam itu?

Pada prinsipnya, kamu masih tetap bisa menambah RAM ekstra tanpa membuka casing hape atau menggunakan solder untuk membongkar bodi hapemu. Di titik ini, apa yang paling kamu butuhkan adalah aplikasi penambah RAM Android. Tetapi sebelum membahas tentang aplikasi tersebut, ada baiknya kita mempelajari seluk beluk RAM terlebih dulu.

Apa itu RAM (Random Access Memory)?

RAM merupakan tipe hardware yang digunakan oleh sebuah smartphone untuk mengolah sebuah proses/task. Misalnya ketika kamu memakai hape untuk mengolah foto melalui aplikasi tertentu, maka jumlah RAM yang dipakai akan menunjang kelancaran ketika menggunakan aplikasi tersebut.

Prinsip dasarnya: makin banyak RAM yang tersedia, maka semakin lancarlah pekerjaan yang kamu lakukan. Proses yang sama juga terjadi ketika kamu menggunakan smartphone untuk menjelajahi internet atau membuka aplikasi lainnya.

Masalah adalah: RAM tidak selalu bisa dikosongkan dengan wajar, dan setiap aplikasi yang tertanam di dalam smartphone mu pasti akan selalu membutuhkan RAM. Beberapa macam aplikasi dan proses sistem berjalan, bahkan ketika kamu tidak membutuhkannya.

Sementara itu, beberapa proses aplikasi tidak bisa dibersihkan secara otomatis bahkan ketika kamu sudah tidak menggunakannya. Setelah beberapa saat, jejak memori yang tertinggal menciptakan beberapa macam masalah kecil seperti performa yang lambat, lag, bahkan crash.

Sama seperti hardware smartphone lainnya, RAM adalah komponen fisik dari perangkat yang tidak bisa ditambahkan secara fisik. Apa yang bisa dilakukan hanyalah menggunakan RAM secara efisien, atau mencoba membuat RAM “virtual” dari jenis penyimpanan lain yang tersedia di dalam smartphone mu.

Artikel lain: 3 Cara Mengembalikan File yang Terhapus Secara Permanen

Kebanyakan aplikasi penambah RAM “virtual” yang tersedia di Google Play Store selalu meminta root access, sehingga merepotkan bagi sebagian besar pengguna. Adakah cara untuk menambah RAM tanpa harus melakukan root pada perangkat? Adakah aplikasi penambah RAM Android tanpa root?

Meningkatkan kapasitas RAM tanpa root

Sekarang kamu sudah tahu bagaimana RAM bekerja, dan tidak semua orang mau melakukan root pada ponsel Androidnya. Jadi yang kamu butuhkan adalah tips tentang bagaimana menambah kapasitas RAM tanpa melakukan root.

Tentu saja seorang pemilih smartphone berbasis Android tidak bisa begitu saja menambah memori, namun dia bisa memanfaatkan apa yang sudah ada untuk membuat segalanya menjadi lebih baik.

Aturannya sederhana: semakin banyak pekerjaan yang dilakukan smartphone mu, maka semakin banyak RAM yang dibutuhkan. Tips pertama: kurangi aplikasi yang berjalan di dalam smartphone, sehingga kamu bisa memperoleh lebih banyak kapasitas RAM.

Dengan kata lain, kurangilah task yang tidak diperlukan. Nah, begini caranya untuk menambah kapasitas RAM secara alamiah:

1. Menonaktifkan animasi

Animasi pada smartphone mencuri RAM dan fungsinya sebenarnya tidak terlalu esensial. Kamu bisa mengatur bagaimana animasi berjalan di menu ‘developer options’.

Untuk membukanya kamu perlu mengakses menu ‘Settings’, dan kemudian arahkan menu ke ‘About Phone’. Tap di bagian ‘build number’ sebanyak tujuh kali sampai kamu menemukan notifikasi yang memberitahukan bahwa kamu sudah menjadi seorang developer.

Jangan khawatir, langkah ini tidak akan memberikan konsekuensi negatif pada perangkat yang kamu pegang. Langkah di atas sebetulnya hanya menambahkan opsi menu developer di dalam menu ‘Settings’. Apa yang perlu kamu lakukan adalah berhati-hati ketika melakukannya.

Setelah melakukannya, kembalilah ke pengaturan ‘Settings’ dan sortir sejumlah opsi ke bawah sampai kamu menemukan Developer Options. Selanjutnya arahkan pandangan ke menu ‘Drawing’ dan matikan sejumlah opsi di bawah ini:

  • Window animation scale
  • Animator duration scale
  • Transition animation scale

2. Mematikan aplikasi tertentu

Beberapa macam aplikasi memakai RAM bahkan ketika kamu tidak menggunakannya. Dalam keadaan seperti itu, kamu membuang kapasitas RAM dengan percuma.

Organisasikan penggunaan RAM dengan cara memilih mana aplikasi yang seharusnya berjalan dan mana yang tidak. Memang dibutuhkan sedikit waktu untuk melakukannya, namun cara seperti ini bisa membantu meningkatkan performa perangkat.

Untuk mematikan aplikasi tertentu, akseslah menu ‘Settings’ dan kemudian arahkan ke menu Apps atau Application Manager. Kemudian buka akses ke tab All guna memperoleh gambar mengenai semua aplikasi yang berjalan di dalam perangkat.

Untuk mematikan sebuah aplikasi, lakukan tap pada aplikasi yang dipilih, dan kemudian tap tulisan ‘Disable’ dan konfirmasikan aksi ini. Hati-hatilah, sebaiknya kamu benar-benar tahu mana aplikasi yang perlu dimatikan.

Baca Juga: 7 Fungsi Wifi Smartphone yang Jarang Disadari Orang

Jangan matikan semua aplikasi yang berjalan di background, kecuali kamu ingin membuat sistem di dalam perangkatmu menjadi tidak stablil. Tips: semua aplikasi yang sifatnya bukan pre-installed aman untuk dinon-aktifkan.

3. Batasi widget dan live wallpapers

Live wallpapers dan widget sangat serakah untuk urusan konsumsi RAM. Kebanyakan merefresh sendiri dan memanfaatkan banyak bandwidth. Sementara yang lain terus aktif dalam jangka waktu panjang.

Ini kemudian menyebabkan baterai lebih cepat habis. Jadi selalu ingat untuk membatasi jumlah widgets dan live wallpapers yang digunakan, supaya kamu bisa mengoptimalkan jumlah memori yang tersedia di dalam perangkat.

3 aplikasi penambah kapasitas RAM

Sampai di sini tentu kamu sudah mempelajari cara alamiah dalam menambah kapasitas RAM. Tiga cara di atas mesti dilengkapi dengan 3 aplikasi penambah RAM Android tanpa root seperti yang akan ditunjukkan di bawah ini. Hanya saja perlu diingat bahwa aplikasi di bawah ini hanya akan meningkatkan kapasitas RAM secara “virtual”, dan bukan menambahkan kapasitas secara “real”.

Kamu tidak akan memperoleh tambahan RAM sebanyak 1GB hanya dengan menginstall aplikasi-aplikasi di bawah ini.

1. Super booster – RAM Optimizer

aplikasi-penambah-ram-smartphone

Aplikasi ini membebaskan RAM dengan cara membunuh task yang berjalan di background. Jadi pada dasarnya aplikasi ini membantu kamu mengoptimalkan jumlah RAM di dalam perangkat.

Dengan aplikasi yang satu ini, kamu tidak hanya bisa menngoptimalkan kapasitas RAM, melainkan juga bisa melakukan banyak hal lain seperti quick uninstaller, menunjukkan informasi perangkat dan memori/CPU, menutup aplikasi yang berjalan di background, menghemat pemakain baterai dengan cara mematikan aplikasi yang tidak penting, atau mematikan task yang sedang berjalan dengan hanya satu kali klik.

UI pun cukup sederhana dan intuitif. Kamu hanya tinggal membuka aplikasi ini dan memeriksa berbagai macam aplikasi yang sedang berjalan. Di dalam daftar aplikasi yang disodorkan, pengguna bisa cukup menghilangkan centang beberapa proses aplikasi yang tidak diinginkan.

Kemudian tap pada bagian ‘1-click ‘SpeedUp’, dan selanjutnya aplikasi ini akan menutup atau merestart program yang ditandai dengan ikon nuklir.

2. Memory Booster – RAM Optimizer

aplikasi penambah ram hp

Fungsi aplikasi yang satu ini sama seperti di atas, namun hadir dengan fungsi tambahan seperti

  • System info
  • Whitelist/Ignore list
  • Auto Boost (tersedia di pro version)
  • Garbage Collector
  • Cache Cleaner
  • Task Killer
  • Real-time RAM usage

Faktor utamanya adalah seberapa banyak jumlah memori bebas yang tersedia, yang membantu sistem smartphone berjalan lebih lancar. Memory Booster menunjukkan jumlah memori bebas secara real-time, dan memberikan panduan grafik yang memberitahukan kepada pengguna tentang perubahan tersebut.

Untuk mempermudah pengguna, fitur Auto Boost didesain sedemikian rupa hingga pengguna bisa memanfaatkan tingkat boost berbeda. Setidaknya ada tiga opsi yang diberikan, yakni Ultimate, Optimum, dan General boost. Ketiganya akan aktif dalam interval tertentu, atau bila jumlah memori drop pada level tertentu.

3. Smart RAM Booster

aplikasi penambah ram hp yang lambat

Di antara dua aplikasi penambah ram android yang disebut di atas, Smart RAM Booster pantas menjadi favorit banyak orang. UI nya yang intuitif dan mudah dioperasikan menjadi keunggulan aplikasi yang satu ini.

Smart RAM Booster membantu pengguna Android untuk membebaskan kapasitas RAM yang sudah terlalu sesak setelah, misalnya, pengguna melakukan browsing dalam waktu yang cukup lama.

Aplikasi ini didesain untuk menyingkirkan lag yang diakibatkan oleh kekurangan memori, dengan cara mematikan beberapa macam aplikasi yang tidak penting dan yang berjalan di background. Yang juga ciamik adalah: aplikasi ini hadir dengan fitur auto-boost 4 level, yakni aggresive, gentle, medium, dan strong.

Task manager bawaan Android hanya akan membunuh task yang prioritasnya rendah, namun meninggalkan high priority task sebagaimana adanya.

Sebagai salah satu aplikasi penambah RAM Android yang penting, Smart RAM Booster didesain untuk menyeleksi dan menyortir aplikasi mana yang kurang penting, dan kemudian membantu kamu mematikannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here