cara memblokir iklan di android

Pengguna ponsel atau gadget android pasti sudah akrab dengan banyak aplikasi untuk menunjang mobilitas mereka. Mulai dari yang berhubungan dengan pekerjaan seperti aplikasi pengedit dokumen, pembuat presentasi, kamus, sampai yang sifatnya hiburan semacam games dan sebagainya.

Sayangnya, saat sedang mengakses aplikasi-aplikasi tersebut, mendadak layar gawai dipenuhi banyak iklan sehingga cukup mengganggu. Selain tidak bermanfaat, iklan yang tampil tak jarang menampilkan konten berbau p*rnografi.

Salah satu solusi jitu untuk menghilangkan iklan di android kita adalah dengan memasang aplikasi tertentu. Namun, sayangnya kebanyakan aplikasi ini hanya bisa beroperasi pada android yang sudah punya akses root.

Apakah Root Itu?

Sebelum masuk ke pembahasan mengenai cara menghilangkan iklan di android tanpa root, ada baiknya kamu paham dulu apa sih yang dimaksud dengan root ini? Root atau rooting android merupakan proses “perombakan” pada android agar pengguna dapat memanfaatkan dan mengakses gawai miliknya tanpa batas.

Artikel lain: Keren! Ini Dia 8 Game Android Buatan Anak Bangsa yang Wajib Kamu Coba!

Saat sudah melakukan root, itu artinya pengguna sudah diizinkan buat menambah, mengubah, menghapus, atau bahkan merusak sistem operasi yang terpasang pada perangkat androidnya. Meski punya banyak keuntungan, proses root ini juga cukup berisiko.

Cara Memblokir Iklan di Android Tanpa Root

Nah, buat siapa saja yang sedang mencari tutorial untuk memusnahkan iklan di android tanpa perlu melakukan root, yang riskan merusak gawai, jangan malas untuk mengikuti cara berikut.

1. Cara Pertama: Instal DNS66

Hal pertama yang perlu kamu lakukan jika ingin lepas dari iklan-iklan yang mengganggu adalah menginstal aplikasi DNS66 pada perangkat androidmu, kalian bisa download disini. Aplikasi yang dibuat oleh Julian Klode ini memiliki cara kerja yang kurang lebih sama dengan aplikasi lain serupa, seperti NetGuard dan AdGuard.

memblokir iklan android
DNS66 Versi 0.4.1

Yang menarik, untuk bisa mengakses aplikasi ini kamu tidak perlu melakukan root terlebih dulu karena bisa bekerja pada tingkatan DNS level.

Memilih Domain Filter

Setelah menginstal DNS66, langkah selanjutnya adalah memilih Hosts yang terletak di bagian bawah layar android. Nah, dari sini akan muncul fitur ad-blocking host file yang harus dipilih, misalnya Adaway host file.

cara memblokir iklan android
DNS66 Versi 0.4.1

Sekadar tambahan, fitur yang kamu pilih ini merupakan server yang nantinya bekerja sebagai pemblokir iklan di perangkat android milikmu. Jangan lupa menekan tombol merah pada bagian kiri layar hingga berubah menjadi hijau.

Aktifkan VPN Service

Setelah domain filter sudah terinstal, langkah selanjutnya adalah mengaktifkan VPN Service dengan cara menekan ikon refresh pada bagian atas layar (kamu harus menekan start/stop button terlebih dahulu).

memblokir iklan
DNS66 Versi 0.4.1

Nah, pada tahap ini kamu akan mendapat notifikasi atau pemberitahuan bahwa fitur host file sedang diunduh, jadi tunggu saja prosesnya sampai selesai. Kalau sudah, jangan lupa mengklik ikon utama agar VPN ad-blocking yang sudah terinstal bisa mulai beroperasi, lalu klik OK.

Proses Blok Iklan Selesai

Kalau semua proses sudah diikuti dengan baik, maka kamu tidak akan lagi melihat tampilan iklan di layar android, baik ketika sedang mengakses suatu web lewat browser, maupun saat sedang membuka aplikasi.

cara memblokir iklan hp android

Bagaimana, mudah sekali, kan? Selain langkah-langkah di atas, pada poin berikutnya masih ada penjelasan mengenai cara lain yang bisa kamu coba untuk menghilangkan iklan di android tanpa perlu root.

2. Cara Kedua: Instal Noroot Firewall

NoRoot Firewall
NoRoot Firewall
Developer: Grey Shirts
Price: Free
  • NoRoot Firewall Screenshot
  • NoRoot Firewall Screenshot
  • NoRoot Firewall Screenshot

Selain kedua cara di atas, kamu juga bisa lho menghilangkan iklan pop-up di android kesayanganmu tanpa root dengan menginstal aplikasi Noroot Firewall di Google Playstore:

  • Unduh aplikasi gratis Noroot Firewall
  • Jika sudah sukses terinstal, buka aplikasinya
  • Ketika pertama kali dijalankan, Noroot Firewall akan menampilkan daftar aplikasi yang kamu instal dan pakai di gadget-mu
  • Selanjutnya, pilih aplikasi mana saja yang ingin kamu blok atau hentikan iklannya dengan memberikan tanda ceklis di sampingnya
  • Pada aplikasi yang diblok akses iklan akan muncul tanda silang warna merah
  • Selesai dan kamu bisa dengan bebas menikmati layanan internet tanpa diganggu dengan iklan pop-up yang menyebalkan

3. Cara Ketiga: Instal UC Web Browser

UC Browser  -  Unduhan Cepat
UC Browser  -  Unduhan Cepat
  • UC Browser  -  Unduhan Cepat Screenshot
  • UC Browser  -  Unduhan Cepat Screenshot
  • UC Browser  -  Unduhan Cepat Screenshot
  • UC Browser  -  Unduhan Cepat Screenshot
  • UC Browser  -  Unduhan Cepat Screenshot
  • UC Browser  -  Unduhan Cepat Screenshot
  • UC Browser  -  Unduhan Cepat Screenshot

Cara berikutnya yang bisa kamu lakukan jika ingin nyaman berinternet tanpa diganggu iklan pop-up adalah dengan menggunakan UC Web Browser. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Unduh aplikasi UC Web Browser di Google Playstore androidmu
  • Setelah aplikasi terpasang, masuklah ke menu Setting (menu dengan ikon 3 buah garis)
  • Untuk mengaktifkan menu pemblokir iklan, beri tanda centang atau geser pada opsi Adblocker. Di sini, kamu juga bisa mengatur preferensi untuk memblokir iklan-iklan dengan konten berbau pornografi
  • Selesai

Baca juga: Cara Mematikan Fitur Auto-Update Aplikasi Pada Google Play Store

Nah, Itu dia cara-cara memblokir iklan membandel pada perangkat android. Selain mudah dan praktis, kamu juga tidak perlu melakukan proses root lebih dulu yang berpotensi merusak perangkat gawai. Semoga bermanfaat, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here