cara mempercepat koneksi wifi

Kita tahu bahwa semua orang kini sudah menggunakan Internet dan tak jarang kita juga sudah banyak memanfaatkan jaringan WiFi baik itu di rumah maupun di kantor untuk bekerja atau hanya untuk mencari hiburan semata. Kadang beberapa orang merasakan bahwa wifi yang dipakai terasa lambat sehingga membuat anda kesal dan akhirnya frustasi.

Ada beberapa penyebab yang membuat kecepatan WiFi kalian terasa lambat, seperti WiFi diretas, posisi router WiFi yang strategis atau bisa juga pengaturan WiFi yang tidak sesuai. Jadi dalam artikel ini kami akan memberitahu tips cara mempercepat koneksi wifi untuk kalian. Oke lagsung saja cekidott…

Artikel Lain: 3 Cara Mengembalikan File yang Terhapus Secara Permanen

Cara Mempercepat Koneksi WiFi

Tips berikut ini sangat mudah anda terapkan di router WiFi kalian, sehingga anda bisa menikmati internet dengan kecepatan yang setabil di perangakat gadget anda.

1. Teknologi WiFi terbaru

Ini merupakan salah satu cara terbaik untuk memastikan jaringan WiFi anda cepat dan setabil. Jika anda masih menggunakan perangakat keras yang jadul sudah bisa di pastikan kecepatan internet kalian rendah bahkan mugkin akan kalah dengan jaringan ponsel pintar yang kini sudah mendukung sinyal 4G.

maka cara yang paling mudah adalah mengupgrade perngakat keras model terbaru. Anda juga bisa menggunakan kartu nirkebel terbaru di komputer anda jika sobat menginginkan peningkatan kecepatan.

2. Provider WiFi

Carilah provider yang cocok di daerah anda, ada banyak provider namun pilihlah provider yang anda rasa memiliki kecepatan internet yang baik dan stabil. Pastikan speed download WiFi selalu stabil anda bisa mengeceknya di situs speedtest.

Untuk memilih provider anda bisa sesuaikan harga dengan kualitas anda juga bisa menanyakan kepada tetangga yang juga menggunakan WiFi.

3. Boot Ulang Router Anda

koneksi wifi 3

Nah, Untuk yang satu ini sobat cukup melakuakn reboot router anda sesekali untuk menyegarkan router dan  mengatura ulang rooter dari paket yang sudah habis, untuk mempercepat internet anda.

Jika perangkat router anda sudah jadul kalian bisa sekali sehari untuk merebootnya, namun bila perangkat router anda berteknologi terbaru anda bisa langsung mengatur jadwal reboot secara otomatis di dalam software perangkat kalian.

Baca juga: 3 Cara Memperkecil Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitasnya

4. Pusatkan dan Naikkan Router

Penempatan/posisi WiFi itu penting, terutama bila anda menempatkan router anda di daerah sudut-sudut rumah anda. Ada kemungkinan besar anda akan mendapatkan sinyal rendah.

Oleh karena itu, sobat bisa menempatkan router tidak jauh dari komputer atau tempat yang sekiranya cocok untuk menempatkan router contoh bisa di ruang tengah agar semua orang bisa mengakses WiFi.

Jika sekiranya kecepatan WiFi menurun karena jarak router yang terlalu jauh sobat bisa mengubahnya dan menempatkan di posisi yang memungkinkan anda bisa mengakses internet dengan cepat dan stabil.

5. Posisi Antena

koneksi wifi 5

Jika Anda mempunyai dua jenis antena, internal dan eksternal. Cobalah posisikan antena tegak lurus satu sama lain. Dengan menempatkan router sinyal penerima dan pemancar beroperasi dengan posisi yang sama dapat memaksimalkan kecepatan WiFi.

6. Gunakan Kaleng Bekas

kaleng wifi

Sedikit aneh, tapi namun dengan tips sederhana ini anda bisa menguatkan sinyal WiFi. Cara membuat penguat sinyal dengan kaleng bekas cukup mudah, carilah kaleng dua buah dan bentuk seperti antena pemancar sinyal, bisa kalian lihat foto diatas.

Kegunaan kaleng bekas ini adalah memfokuskan sinyal ke satu titik yang sebelumnya menyebar ke segala arah. Mudah bukan!

7. Lindungi WiFi dari Hacker

koneksi wifi 7

Alasan utama dibalik penurunan kecepatan WiFI secara tiba-tiba bisa disebabkan oleh WiFi anda yang diretas, mungkin tetangga anda / orang lewat (hehe) ingin mendapatkan akses internet gratis lalu menggunakan WiFi anda hingga kuota pun habis.

Oleh karena itu, melindungi WiFi dengan membuat password yang kuat, Disarankan buatlah password dengan keamanan WPA/WPA-PSK karena cukup susah untuk dibobol.

8. Hindari Penempatan Perangkat Lain secara Bersamaan

koneksi wifi 8

Peralatan lain seperti smartphone, microwave dan gadget lainnya, bisa mempengaruhi kecepatan WiFi anda , oleh sebab itu anda bisa menempatkan perangkat tersebut dalam lokasi yang berbeda atau menyingkirkannya.

Sobat juga bisa menggunakan router WiFi dual band yang tidak terpengaruh dengan perangakat gadget lain.

9. Nonaktifkan semua adapter yang tersambung

koneksi wifi 9

Perlu sobat tahu bahwa sistem windows secara otomatis membuat adapter jaringan baru setiap kali terhubung ke perangkat baru dan adapter ini sering dibiarkan aktifkan. Berdasarkan pengalaman kami, bahwa adapter yang diaktifkan ini dapat memperlambat kecepatan internet dan menyebabkan jaringan WiFi sering terputus.

Untuk menonaktifkan adapter yang terhubung. Anda dapat menggunakan perintah RUN dengan menekan Windows key + R. Ketik “ncpa.cpl” dan tekan tombol enter. Disini anda kan melihat banyak adapter, nah anda tinggal menonaktifkan semua adapter jaringan yang tidak digunakan.

Baca juga: Cara Menghapus Banyak Aplikasi Android Sekaligus Rooting dan Tanpa Rooting

10. Temukan Saluran Nirkabel yang Tepat

koneksi wifi 10

Jika tetangga anda juga menggunakan WiFi, maka saluran anda dapat mengganggu sinyal mereka dan sebaliknya, jadi sebaiknya anda mengubah saluran sehingga tidak akan mengganggu sinyal WiFi anda.

Untuk mengganti Wireless channel anda bisa menggunakan aplikasi Wi-Fi Analyzer untuk menemukan saluran yang lebih baik di router anda.

11. Ubah Router Lama Menjadi Repeater (Penguat Sinyal)

koneksi wifi 11

Repeater adalah perangkat yang digunakan untuk menguatkan sinyal, sobat bisa menggunakan router lama menjadi repeater, dengan begitu sinyal WiFi anda sekarang bisa mengirimkan sinyal yang lebih tinggi, dengan begitu sobat bisa menikmati kecepatan internet yang lebih tinggi.

Itu dia beberapa tips cara mempercepat koneksi wifi. Dengan menggunakan tips ini sobat bisa dengan mudah meningkatkan kecepatan internet WiFi anda. Beberapa cara tersebut cukup simple dan mudah kalian terapkan. Semoga anda menyukai artikel ini! Dan jangan lupa untuk membagikan artikel di sosial media kalian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here