10 Cara Mengatasi Hp yang Kemasukan Air dengan Mudah

2 min read

cara mengatasi hp yang kemasukan air

Tak peduli sehebat-hebatnya kita menjaga smartphone kesayangan, terkadang ada hal yang tak bisa dihindari. Apakah tiba-tiba ponsel tersebut jatuh ke wastafel, kehujanan, atau mungkin terlempar ke kolam renang. cara mengatasi hp kemasukan air juga mudah jadi jika hal ini terjadi, tidak usah panik.

Anda masih bisa menyelamatkan hp kesayangan kamu dengan mengikuti beberapa tips yang akan kami berikan untuk kamu.

10 Cara Mengatasi Hp yang Kemasukan Air dengan Mudah

1. Segera Matikan Smartphone

Saat mengalami tragedi dan terkena air, segera matikan dan lepas baterai smartphone Anda.

Lepas kartu sim, sd card dan apa pun yang terpasang karena dalam keadaan basah atau terkena air, komponen smartphone Anda dapat mengalami konslet atau bahkan terbakar.

Dengan memutuskan daya ponsel tersebut, Anda bisa mencegah kerusakan menyebar kemana-mana. Jika sudah dilepaskan, jangan terburu-buru menyalakannya kembali, ikuti dulu langkah-langkah penanganan berikutnya.

2. Buka Casing Smartphone untuk Memberi Jalan Udara

Setelah mematikan smartphone, copot casing dan buka semua aliran udara. Jangan mencoba melepaskan sekrup dan seluruh komponennya karena smartphone memiliki Liquid Damage Indicator (LDI), yang jika terusik, maka garansinya akan hilang.

Baca juga: 11 Cara Merawat Baterai HP Non Removable/Tanam

Untuk hp dengan baterai tanam kamu bisa mencoba menggoyang-goyangkan smartphone secara perlahan agar air yang ada didalamnya keluar.

Namun berhati-hatilah, jika Anda salah mengguncangnya, air yang ada malah bisa mencapai bagian dalam dan memperburuk keadaan.

3. Lepas Baterai, Memory Card dan SIM Card

Untuk mengurangi resiko korsleting di perangakat handphone anda. segera lepas baterai memory card dan sim card, dengan begini smartphone terhindar dair korslet karena air yang masuk kedalam hp.

4. Gunakan Kain yang Dapat Menyerap Air

Selain menurunkan air dengan cara menggoyang-goyangkannya, Anda bisa mengeringkannya dengan mempelkan kain ke bagian yang basah.

Sebaiknya jangan membersihkan dengan cara menggosoknya karena hanya akan menyebarkan air berpindah kemana-mana.

5. Sedot Air Menggunakan Vaccum Cleaner

Cara terbaik untuk mengeluarkan air dari smartphone adalah dengan menggunakan vacuum cleaner.

Jangan meniup atau memanaskannya menggunakan pengering rambut karena akan merusak komponen dalam smartphone.

Sebelum menggunakan vacuum cleaner, pastikan sudah tidak ada benda-benda kecil seperti sim card, sd card atau baterai.

6. Beli Ziplock dan Isi dengan Beras atau Silica Gel

Alternatif lain untuk mengeringkan dan menyerap air yang ada di dalam smartphone yang basah adalah menggunakan ziplock yang diisi beras atau silica gel.

Kedua bahan tersebut memiliki kemampuan mengurangi kelembapan. Masukkan beras kering/silica gel ke dalam ziplock dan benamkan smartphone basah Anda ke dalamnya.

Biarkan ia berada di dalam selama 2 hari, jangan tergoda untuk menyalakannya sampai benar-benar kering.

7. Cek Setelah 1 atau 2 Hari

Setelah 1 sampai 2 hari, keluarkan smartphone dari ziplock dan bersihkan. Cek layar smartphone Anda.

Jika masih terdapat uap air, kembalikan ke dalam ziplock. Apabila sudah kering sepenuhnya, coba masukkan baterai ke dalam smartphone tersebut dan coba hidupkan.

Bila smartphone tidak menyala, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan pengisian daya.

Baca juga: Cara Melacak Handphone Android yang Hilang

Jika baterai smartphone tidak terisi, maka kemungkinan besar baterainya rusak. Coba gunakan baterai lain atau segera periksakan smartphone tersebut ke tukang servis.

8. Perhatikan Smartphone Selama Beberapa Hari

Jika smartphone tersebut bisa menyala, perhatikan keanehan yang mungkin muncul untuk beberapa hari ke depan.

Putar musik, coba aplikasi game dan lakukan panggilan telpon untuk mengetes keanehan yang mungkin muncul.

9. Bawa ke tukang servis langganan

Jika smartphone tidak kunjung menyala atau terjadi keanehan setelah bisa menyala. Jangan pernah berusaha untuk membongkarnya sendiri jika Anda tidak pernah mendapatkan pelatihan atau berpengalaman.

Apabila masa garansi handphone kamu sudah habis maka tidak ada salahnya bila kamu membawanya ke tukang servis di daerahmu yang sudah berpengalaman dan memiliki reputasi yang baik. sehingga smartphone kesayanganmu bisa kembali seperti semula.

10. Bawa ke Servis Center Resmi

Cara terbaik untuk menangani kejadian ini jika hp kamu tidak bisa menyala adalah dengan mendatangi servis center resmi smartphone tersebut. Beberapa vendor menyediakan garansi untuk smartphone yang tidak sengaja jika tercelup air.

Jadi tidak ada salahnya untuk mencoba membawa kartu garansi ke vendor servis resmi smartphone Anda. Siapa tahu Anda bisa memperbaikinya tanpa perlu mengeluarkan biaya.

Meskipun umumnya cara alternatif seperti penggunaan beras atau silica gel tidak menjamin hp Anda akan sehat 100%.

Cara terbaik adalah membawa ke tukang servis langganan atau vendor servis resmi untuk memperbaikinya. cara ini bisa digunakan untuk mengatasi hp terkena air hujan atau yang terlalu lembab.

Untuk menghindari hal seperti ini hp basah atau lembab akibat terkena air akan lebih baik jika Anda berinvestasi lebih dengan membeli casing anti air yang banyak dijual di pasaran. Atau bahkan membeli smartphone yang memiliki fitur anti air atau water resistant.

Namun demikian, sekalipun tertulis “water resistant”, Anda harus tetap mempelajari terlebih dahulu kualitasnya karena beberapa hanya bisa menolak air dalam keadaan tertentu.

Jangan langsung mencoba menenggelamkan smartphone “water resistant” ke dalam bak mandi atau ke dalam air, karena cukup berisiko.

Semoga tips mengatasi hp terkena air diatas dapat membantu Anda menyelamatkan smartphone kesayangan dari tragedi kebasahan. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *