Cara Transfer Pulsa Indosat Tanpa Ribet

2 min read

Cara Transfer Pulsa Indosat

Bagi kamu yang belum mengerti mengenai cara transfer pulsa Indosat 2019, layanan transfer pulsa adalah sebuah layanan yang disediakan oleh Indosat yang memungkinkan pelanggan kartu Indosat untuk berbagi pulsa yang dimiliki dengan cara-cara tertentu layaknya memindahkan sebagian atau seluruh pulsa dari nomor satu ke nomor yang lain.

Layanan ini sangat bermanfaat karena selain bisa menambah jumlah pulsa di kartu penerima, masa aktif kartu penerima juga akan bertambah.

1. Cara Transfer Pulsa Indosat dengan SMS

Banyak orang bertanya-tanya mengenai cara transfer pulsa ke sesama Indosat karena mungkin layanan ini belum begitu banyak digunakan. Banyaknya konter penjual pulsa menjadikan transfer pulsa kurang diminati karena sama saja akan memotong pulsa dan tetap harus membeli jika pulsa yang dimiliki telah habis.

Namun sebenarnya banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan layanan transfer pulsa, selain bisa digunakan dalam keadaan genting yang mengharuskan pulsa terisi pada kartu perdana kamu, transfer pulsa juga bisa menghemat ongkos pembelian pulsa yang pastinya memerlukan biaya lebih dibandingkan dengan jumlah pulsa itu sendiri.

Sebelum melakukan transfer pulsa ke nomor Indosat (sesama Indosat), kamu harus mengetahui syarat dan ketentuan yang harus kamu penuhi agar proses transfer pulsa dapat dilakukan. Jika kamu tidak memenuhi syarat yang disebutkan maka secara otomatis transfer pulsa tidak dapat dilakukan alias gagal.

Sebelum transfer pulsa cek dulu sisa pulsa kamu, dengan Cara Cek Pulsa Indosat

Berikut beberapa syarat dan ketentuan yang dikeluarkan oleh provider Indosat mengenai transfer pulsa.

  1. Agar dapat menikmati layanan transfer pulsa kamu harus memiliki kartu dengan usia kartu atau sudah digunakan sekurang-kurangnya selama 181 hari dengan ketentuan biaya ditanggung pengirim sebesar Rp600,00 per transaksi sukses.
  2. Pengirim dan penerima harus memiliki kartu Indosat yang sedang dalam masa aktif, artinya kartu yang sudah habis masa aktif tidak dapat digunakan (kecuali untuk kartu Indosat pascabayar yakni Matrix Ooredoo Auto). Lamanya masa aktif yang didapatkan bergantung pada jumlah pulsa yang diterima. Berikut merupakan daftar nominal pulsa yang diterima beserta masa aktif yang akan didapatkan.
Nomial PulsaMasa Aktif
Rp0,00-Rp4000,000 hari
Rp5000,00-Rp9000,003 hari
Rp10.000,00-Rp19.000,007 hari
Rp20.000,00-Rp49.000,0015 hari
Rp50.000,00-Rp99.000,0022 hari
Rp100.000,00-Rp149.000,0030 hari
Rp150.000,00-Rp200.000,0045 hari
  1. Meskipun masa aktif penerima bertambah tidak akan mengurangi masa aktif pengirim.
  2. Masa aktif transfer pulsa diambil dari masa aktif paling panjang, dengan tidak diakumulasikan, dengan penambahan masa aktif paling lama yakni 45 hari.
  3. Selain mendapatkan masa aktif kartu, penerima transfer pulsa juga akan mendapatkan masa tenggang yang lamanya adalah 30 hari kecuali pascabayar.
  4. Setelah melakukan pulsa dan dipotong biaya sebesar Rp600,00 sisa pulsa haruslah minimal 5000.
  5. Perpindahan paket tidak akan menjadikan pulsa hangus karena pulsa yang diterima dari pengirim akan dialokasikan ke pulsa utama.
  6. Syarat ini berlaku pada pelanggan kartu prabayar baik Mentari Ooredoo, IM3 Ooredoo, maupun Matrix Ooredoo sesuai dengan syarat dan ketentuan yang diberlakukan.

Setelah memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku, kamu dapat mentransfer pulsa ke sesama Indosat salah satunya melalui SMS dengan cara:

cara transfer pulsa indosat

  • Buka menu pesan di ponsel kamu dan pilih pesan baru.
  • Ketik format transfer pulsa Indosat yakni Transferpulsa(spasi)nomor penerima(spasi)nominal pulsa.
  • Kirim format SMS tersebut ke nomor 151
  • Setelah terkirim kamu akan menerima balasan berupa pesan konfirmasi yang berisi token untuk transfer pulsa kamu.
  • Balas pesan dengan mengirimkan format pesan OK(spasi)kode token yang terdapat di awal pesan balasan lalu kirim.

Mungkin bagi sebagian orang cara mentransfer pulsa dengan menggunakan SMS merupakan cara yang tidak mudah dan sedikit ribet untuk dilakukan, selain karena format SMS yang mungkin sulit untuk dihafalkan jika tidak sering melakukan transfer pulsa, juga membutuhkan waktu lumayan lama karena harus menunggu balasan dari operator.

2. Cara Transfer Pulsa dengan Kode USSD

Jika kamu mengalami kesulitan dalam mentransfer pulsa menggunakan SMS, maka kamu juga dapat menggunakan cara transfer pulsa Indosat terbaru dengan kode USSD. Sama seperti cara mentransfer pulsa dengan SMS, cara ini juga akan memotong pulsa kamu sebesar Rp600,00. Cara mentransfer pulsa dengan USSD adalah sebagai berikut.

cara transfer pulsa indosat

  • Buka menu dial atau panggilan pada ponsel kamu.
  • Masukkan kode USSD dengan format *123*7*2*3*1#. Kode ini berlaku jika kartu yang kamu gunakan adalah kartu prabayar. Jika kartu kamu adalah kartu pascabayar maka kamu harus mengganti format dengan *123*7*1*6*1#.
  • Klik OK/yes/panggil.
  • Ikuti petunjuk yang tertera pada ponsel kamu.

Setelah selesai maka nomor yang kamu kirim pulsa akan menerima pulsa sebesar yang kamu transfer (tidak termasuk biaya kirim). Cara transfer pulsa dengan USSD merupakan cara yang paling gampang, namun kamu diharuskan menghafal kode USSD tersebut untuk bisa masuk ke layanan transfer pulsa sesama Indosat. Semoga Bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *