meningkatkan daya tahan baterai android

Baterai menjadi hal yang krusial bagi kita semua yang memiliki perangkat elektonik terutama smartphone. Apalagi jika smartphone kalian memiliki masalah seputar daya tahan baterai. Sebagian besar smartphone android mengkonsumsi daya baterai lebih banyak dibandingkan smartphone lain.

Biasanya dengan kondisi pemakaian yang sering (chatting, game, streaming video) baterai android hanya akan bertahan sekitar 6-7 jam. Untuk mengakali masalah tersebut kita pasti akan menggunakan aplikasi penghemat baterai untuk android anda.

Namun nyatanya dengan menggunakan aplikasi penghemat tidak memberikan pengaruh yang besar terhadap daya tahan baterai, mungkin karena aplikasi penghemat daya yang kurang cocok atau tidak berfungsi maksimal. Oleh sebab itu trenprime akan memberikan tips bagi kalian untuk meningkatkan daya tahan baterai android kamu.

Artikel lain: 10 Cara Merawat Baterai Smartphone Non-Removable Agar Awet

Cara Meningkatkan Daya Tahan Baterai Android

1. Hindari Suhu Tinggi

Jika kita berbicara mengenai gelombang panas, ini adalah suatu hal yang menjadi musuh besar bagi daya tahan baterai. Gelombang panas memiliki peran yang sangat besar dalam hal merusak baterai smartphone. Apalagi dengan membiarkan smartphone kalian terpapar suhu panas yang ekstrem dapat merusak perangkat dan baterai.

Jadi mulai sekarang, pastikan untuk menghindari smartphone anda dalam kondisi panas yang terlalu lama dan sesekali istirahatkan smartphone kalian agar dapat memperpanjang masa aktif baterai.

2. Hindari Mengisi Baterai Terlalu Sering

Semua orang pasti berpikir membutuhkan daya baterai beberapa persen ketika bersantai atau sebelum pergi keluar, lalu kalian akan mengisi daya ponsel kalian selama 15 menit atau lebih, dan berharap dengan mengisi daya selama itu bisa memastikan perangkat anda memiliki daya yang cukup untuk beberapa 1 jam lagi atau lebih.

Itu hal yang wajar, namun kami sarankan untuk anda, lebih baik mengisi daya baterai hingga penuh, dengan mengisi daya dengan penuh kamu bisa meningkatkan masa pakai baterai dan menghindari kerusakan baterai.

3. Minimalkan Getaran

Setiap smartphone android yang kalian miliki terdapat motor kecil yang membuat ponsel anda bisa bergetar. Jika anda telah mengaktifkan getaran pada keyboard ketika mengetik atau menyentuh layar. Maka anda tinggal menonaktifkannya. Untuk itu anda tinggal buka pengaturan > Suara, kemudian pilih nonaktifkannya getar.

4. Perbarui Aplikasi Lama Kamu

Sebagian besar dari kita sering mengabaikan notifikasi pembaruan suatu aplikasi. Dengan tidak memperbarui suatu aplikasi akan menyebabkan sebuah bug dalam sebuah aplikasi dan bisa menghabiskan banyak daya baterai. Oleh sebab itu, jangan abaikan pembaruan aplikasi karena dengan ini dapat membatu anda menghindari bug atau masalah terkait dengan ponsel dan baterai anda.

5. Jangan Terlalu Sering Bermain Game Berat

Main game berat membutuhkan banyak sumber daya, jadi tips terbaik adalah menghindari main game berat terlalu lama. Dengan menjalankan game high-end apalagi game online dengan waktu yang cukup lama dapat menguras daya baterai dengan sangat cepat dan yang pasti membuat ponsel anda menjadi cepat panas.

Baca juga: Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android dengan Mudah

6. Sesuaikan Animasi

Dengan sedikit pengaturan sederhana ini kamu bisa meningkatkan daya tahan baterai android anda tanpa menggunakan aplikasi apapun. Tips ini dapat kalian gunakan di semua ponsel android.

1.Buka pengaturan pada perangkat android anda, kemudian geser kebawah dan klik about phone. Lalu kalian akan menemukan opsi build number. Kalian ketuk 7-10 kali pada Build number dan anda akan melihat opsi pengembang akan aktif.

pengaturan animasi 1

2. Sekarang kalian masuk di pengaturan dan pilih Developer Option yang berada di bagian bawah.

pengaturan animasi 2

3. Kamudian kalian akan melihat pilihan Window Animation ScaleTransition Animation Scale, dan  Animation Duration Scale. Lalu kalian atur animasi di 0.5x

pengaturan animasi 3

4. Nah itu dia pengaturan animasi, dengan menggunakan tips ini kamu bisa meningkatkan daya tahan baterai hingga 40%. Cukup mudah bukan, sekarang bisa kalian coba sendiri.

7. Gunakan Aplikasi Greenify

Untuk menggunakan aplikasi Greenify kamu harus merooting smartphone kalian dahulu agar mendapatkan performa yang maksimal, namun tanpa rooting pun aplikasi ini masih dapat digunakan dengan baik. Greenify dapat menghemat masa pakai baterai anda dengan cara membuat smatphone kalian dalam keadaan hibernasi dan menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang. Keadaan inilah yang membuat baterai kalian akan memiliki daya tahan baterai lebih banyak.

Langkah-langkah untuk menginstal aplikasi Greenify:

1.Unduh dan install aplikasi greenify di play store.

Greenify
Greenify
Developer: Oasis Feng
Price: Free
  • Greenify Screenshot
  • Greenify Screenshot
  • Greenify Screenshot
  • Greenify Screenshot
  • Greenify Screenshot
  • Greenify Screenshot

2. Buka aplikasi dan berikan akses superuser. Anda akan menemukan tiga opsi pada aplikasi yang hanya perlu anda liki pada ikon hibernasi yang berada di sudut kanan bawah.

Greenify 1

3. Kemudian kalian akan diminta untuk mengaktifkan aplikasi greenify sebagai layanan default. Nah, sekarang aplikasi Greenify sudah aktif sepenuhnya.

Greenify 2

8. Gunakan Go Battery Saver

Go Battery Saver aplikasi ini mampu memperpanjang masa pakai baterai anda. Fitur utama dari aplikasi ini adalah mode hemat daya, penghemat pintar, control beralih dan uji daya. Berikut langkah-langkah menghemat daya dengan aplikasi Go Battery Saver & Power Widget

1.Pertama kalian unduh dan install Go Battery Saver di smartphone android anda.

GO Battery Saver &Power Widget
GO Battery Saver &Power Widget
Developer: GOMO Go
Price: Free
  • GO Battery Saver &Power Widget Screenshot
  • GO Battery Saver &Power Widget Screenshot
  • GO Battery Saver &Power Widget Screenshot
  • GO Battery Saver &Power Widget Screenshot
  • GO Battery Saver &Power Widget Screenshot
  • GO Battery Saver &Power Widget Screenshot

2. Buka aplikasi dan kemudian anda akan melihat layar seperti di bawah ini.

GO Battery Saver 1

3. Anda tinggal menekan “Optimize”. Sekarang tunggu beberapa detik hingga Go Battery Saver mengoptimalkan ponsel anda untuk kinerja baterai yang lebih baik.

GO Battery Saver 2

4. Untuk pengaturan yang lebih baik, Kemudian sobat tinggal menekan “Mode”. Di sana anda akan menemukan tiga opsi. Anda dapat mengaturnya sesuai kebutuhan anda.

GO Battery Saver 3

9. Matikan Koneksi Yang Tidak Berjalan

Kadang kita lupa untuk mematikan beberapa koneksi seperti Wifi, GPS, NFC, Bluetooth. Namun perlu anda ketahui bahwa mengaktifkan beberapa jaringan tersebut bisa menguras daya baterai kalian lohhh. Untuk itu aktifkan koneksi hanya ketika kalian membutuhkan seperti mengaktifkan GPS ketika kalian mengakses google maps. Mengaktifkan WiFi ketika benar-benar ingin mengakses layanan data dengan router. Intinya gunakan beberapa layanan tersebut ketika diperlukan.

10. Nonaktifkan Deteksi Google Voice

Smartphone android sekarang rata-rata sudah dilengkapi dengan fitur google assistant yang merupakan fitur yang luar biasa. Namun, fitur pengenal suara google assistant tanpa kita ketahui terus berjalan di latar belakang dengan mendeteksi dengan kata kunci “Oke Google”. Dalam keadaan ini, fitur ini mengkonsumsi banyak daya baterai ponsel anda. Jadi jika anda tidak sering menggunakan google assistant, lebih baik anda menonaktifkannya saja. Caranya, anda tinggal pergi ke pengaturan> suara> Ok Google dan kemudian menonaktifkannyan fitur pengenal suara, atau kalian bisa meninstal aplikasi di pengaturan smartphone kamu.

Dengan mengikuti beberapa tips diatas, anda pasti dapat meningkatkan daya tahan baterai android anda hingga 50%. Itulah tips dari trenprime semoga dapat membantu sobat sekalian dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke sosmed kalian. 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here